Blank Screen Setelah Startx Backtrack 5


Bagi pengguna linux pasti sudah tak asing lagi dengan si naga backtrack yang amat tersohor di dunia security. tadi siang saya mencoba menginstall backtrack 5 KDE. instalasi berjalan lancar sampai saya masuk di GUI dengan perintah startx langsung deh monitor blank  tak putus semangat saya langsung cari-cari refrensi di forum id-backtrack.

Setelah perjuangan keras akhirnya saya temukan penyebab Blank Screen ada pada grub.cfg di folder /boot/grub/ dan bersumber pada script berikut:

linux /boot/vmlinuz-2.6.38 root=UUID=1ecd35a8-0437-4c37-bb72-63d014dd846e ro text splash nomodeset vga=791

yang saya bold itu adalah inti masalahnya. untuk memperbaikinya cukup kita ganti dengan script berikut:

linux /boot/vmlinuz-2.6.38 root=UUID=1ecd35a8-0437-4c37-bb72-63d014dd846e ro text splash vga=0x791

Lalu bagaimana cara mengubahnya?

Saya menggunakan vi editor untuk mengubahnya. berikut list command dari vi editor:

Command Description
i Insert text
a Append
u Undo
x Delete 1 character
dd Delete one line
yy Yank (copy 1 line)
p Paste
ZZ Exit and save
:q Quit without saving
:wq Write and quit
:q! Force quit without saving
:wq! Force write and quit
/ Searches forward
? Searches backward
h Move cursor back 1 space
j Move cursor down 1 line
k Move cursor up 1 line
l Move cursor forward 1 space

Untuk menggunakan Command diatas kita harus masuk pada command mode vi editor dengan menekan tombol Esc atau Ctrl+C. Jangan lupa setelah menyimpan perubahannapada grub.cfg jangan keburu nafsu untuk memulai GUI tapi reboot dulu agar setting yang dilakukan berjalan dengan baik. Good Luck!.

Cah Pringgoboyo #backtrack