Top 5 Linux Distro 2011

Hai Readers...
Happy New Year.....!!!
Tidak terasa sudah sampai di penghujung tahun 2011 waktunya evaluasi diri apa yang kita lakukan di tahun 2011 dan apa yang akan kita inginkan di tahun 2012. kalo ada yang bilang 2012 kiamat, saya katakan kiamatnya di tunda sob..!!

Oke, untuk posting akhir tahun saya sedikit merangkum distro Linux yang paling diminati pada tahun 2011 yang saya kelompokkan menjadi Top 5 Linux Distro 2011.

Mau tahu apa saja distro Linux paling Top di tahin 2011..??


1. Top Linux Desktop
Pada tahun ini yang menyandang predikat Top Linux desktop adalah Fedora 15.
Alasan utama Fedora 15 menjadi Top Linux Desktop adalah sistem Fedora 15 menggunakan Red Hat Enterprise Linux yang memilki jangkauan pada orietasi aplikasi bisnis, menjadikan Fedora 15 mudah digunakan untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

2. Top Laptop Distro
Pemegang Top Laptop Distro adalah Ubuntu One atau Ubuntu 11.10.
Tidak diragukan lagi bahwa ubuntu adalah distro paling banyak digunakan para pengguna Linux. terlebih di Indonesia, dengan banyaknya komunitas Ubuntu di Indonesia membuktikan eksistensi Ubuntu sebagai distro paling favorit di Indonesia.

Ubuntu juga telang melakukan banyak update tools untuk laptop dan support dengan berbagai macan driver laptop saat ini yang menjadikan ubuntu menjadi Top Laptop Distro Tahun ini.

3. Top Enterprise Desktop
Penyandang gelar Top Enterprise Desktop tahun ini adalah Suse Linux Enterprise Desktop.
Fasilitas openSUSE Build Service merupakan alasan utama Suse Linux Enterprise Desktop (SLED) menjadi Top Enterprise Desktop Tahun ini dan mengalahkan pesaingnya Red Hat Enterprise Desktop.

4. Top Security-Enhanced Distro
Backtrack 5 tak diragukan lagi menjadi Top Security-Enhanced Distro tahun ini.
Dengan dukungan tools yang sangat lengkap untuk pentesting dan perawatan keamanan sistem, dan adanya tools Digital Forensic yang sangat kuat tak diragukan lagi Backtrack 5 adalah Top Security-Enhanced Distro tahun ini.

5. Top Multimedia Linux
Ubuntu Studio adalah Top Multimedia Linux Tahun ini.
Yang terbaik di kelas Multimedia Linux saat ini adalah Ubuntu Studio. Untuk produksi audio, video, dan grafis, berisi satu set alat yang sangat lengkap, serta format dan dukungan codec untuk berbagaibesar format multimedia. Ubuntu Studio memiliki semuanya: beberapa alat editing multimedia, serta grafis dan editor gambar.


Semoga bermanfaat..
Happy New Year...

Cah Pringgoboyo #Top5 DEKNY2M5SAH4